Kompetisi Sekolah Hijau Berhadiah Senilai Total 17 Juta Rupiah

Paiton – Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, PT Jawa Power dan PT YTL Jawa Timur bekerja sama dengan Badan Lingkungan Hidup dan Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo, menggelar Kompetisi Sekolah Berbudaya Lingkungan, “ Green School Competition ”.
greenschool 
Kompetisi tersebut pada awalnya hanya ditujukan pada SMA/SMK serta SMP baik negeri maupun swasta dalam naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo.  
Pada tahun 2011, juga akan melibatkan Sekolah Dasar yang telah berstandar nasional sebagai peserta “Green School Competition”.

Sekolah peserta dibagi menjadi dua kategori. 

Yang pertama, yaitu SMA/SMK/SMP/SD di kabupaten Probolinggo yang sudah pernah mengikuti seleksi program Adiwiyata di tingkat propinsi Jawa Timur, tapi belum masuk kategori Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional. 

Kategori kedua, yaitu SMA/SMK/SMP/SD di kabupaten Probolinggo yang belum pernah mengikuti seleksi program Adiwiyata.

Tujuan kompetisi ini adalah untuk mewujudkan sekolah yang peduli serta berwawasan lingkungan guna menumbuh kembangkan kesadaran dan kepedulian akan pelestarian lingkungan sejak dini melalui sekolah. Dan untuk mengikuti kompetisi ini, sekolah peserta tidak dipungut biaya/gratis.

Penilaian dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu penilaian dokumen dan verifikasi lapangan. Penilaian dokumen didasarkan pada hasil pengisian kuisioner yang telah dibagikan ke sekolah. Beberapa poin penilaian diantaranya: Kebijakan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan, Pengembangan Kurikulum Berbasis Lingkungan Hidup, Pengelolaan Sarana dan Prasarana Sekolah yang Sehat dan Ramah Lingkungan, Usaha Penghematan Energi dan Air, serta Program Penghijauan.Read More


Verifikasi lapangan akan dilakukan pada 10 peserta terbaik yang diperoleh dari tahap penilaian dokumen. Dalam tahap ini dinilai kesesuaian antara data yang telah dikirim ke Panitia dengan kondisi faktual dan temuan-temuan yang didapatkan selama kunjungan sekolah.

Pada saat ini undangan, tata cara kompetisi beserta data pendukung telah dikirim ke sekolah-sekolah. Konfirmasi keikutsertaan dapat dilakukan dengan telepon atau menge-fax formulir yang ada ke Kantor Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo, mulai tanggal 24-29 Oktober 2011.

Pendaftaran dapat juga dilakukan secara on-line dengan mengakses: www.greencampaign.ytl-jawapower.org. Untuk informasi dan pendaftaran dapat menghubungi: 1. Badan Lingkungan Hidup Kab. Probolinggo, telp. 0335-433860 (Bpk. Yusdi V.A/ Ibu Foni), 2. Dinas Pendidikan Kab. Probolinggo, telp. 0335-421882 (Bpk. Marquirinus), dan 3. PT YTL Jawa Timur, telp 0335-773100 (Bpk. Supriyanto/Bpk. Hery Kusmadi).

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More